Jumat, 12 September 2014

Pahami Hati

Ketika hati sudah tidak dapat dikendalikan,,rasanya seperti ada sesuatu yang menyesakkan dada..Menekannya sangat dalam,,hingga untuk bernafas saja sulit.. Bagaimana mungkin kita tidak bisa mengontrolnya?? Padahal ia masih bagian tubuh kita.. Meskipun hanya sebahagian kecil,,namun perannya luar biasa besar..

Apa kalian tahu,, apa yang hati sedang katakan?? Apa yang sebenarnya ia inginkan?? Atau apa yang sedang ia resahkan?? Sepertinya hati penuh dengan rahasianya.. Bahkan,,meski kita adalah empunya,,terkadang kita sulit untuk menerka-nerka.. "Ah,,mungkin hati sedang ingin sendiri," pikirku..
Itu hati kita,, bagaimana dengan hati orang lain?? Kita tidak pernah tahu bagaimana perasaan seseorang yang sesungguhnya jika empunya tidak mengungkapkan.. Itupun kalau empunya jujur.. Lah kalau tidak?? Mungkin sebahagian dari kalian akan mengatakan bahwa kita bisa membaca suasana hati seseorang dari ekspresi wajahnya.. Saya katakan itu tidak selamanya benar. Kita tidak bisa memastikan apakah ketika seseorang tertawa,,hatinya juga sedang tertawa atau mungkin sedang menangis.. Begitu juga sebaliknya,, ketika seseorang menangis,,kita tidak tahu apakah hatinya juga menangis atau sedang bahagia..
Kembali kepada hati masing-masing.. Sering kali kita berusaha keras untuk memahami hati kita dengan cara masing-masing,, begitupun dengan saya.. saya punya ritual sendiri ketika ingin mencari tahu apa yang sebenarnya hati saya sedang rasakan,, apa yang ia inginkan,,atau apa yang tengah ia katakan.. Tak jarang saya menghindar dari keramaian,,mencuri waktu dan tempat sekedar untuk mencari ketenangan.. Di kesendirian,, semabari memegang dada,,memejamkan mata,,menarik nafas dalam-dalam,, lalu meresapi adakah hati sedang berbisik.. Seraya terus mengatakan, "Wahai hati,,tenanglah..  katakan perlahan,,semuanya akan baik- baik saja.."
Di luar segalanya,,apapun yang sedang hati kita rasakan,,senang,,sedih,,haru,,kecewa,, dan lain sebagainya,, tetap Sang Penggenggam Hati lah penguasanya.. Dia lebih memahami tugasNya dalam mengatur hati kita.. Teruslah berdoa agar Sang Pembolak-balik Hati selalu menjaga hati kita dalam kondisi baik.. Karena hati cermin diri kita.. Jadi,,hati-hati dengan hati.. ☺

Tidak ada komentar:

Posting Komentar