Selasa, 10 Juli 2012

Coretan Sepi


Sebenarnya gak tau sih mau ngomong apa di sini. Tapi kata kebanyakan orang, kalau lagi mandet nulis, ngerasa gak ada bahan buat ditulis dan lain sejenisnya, maka tuliskan saja apa yang lagi ada di benakmu saat ini. Meskipun itu berisi curhatanmu yang lagi badmood nulis. Haha, awalnya lucu juga denger nasihat ini, tapi setelah dipahami ada benernya juga loh. Saat kita lagi gak tau mau menuliskan apa, rasa bosan itu juga ternyata dapat dituliskan. Walhasil menjadi sebuah tulisan juga khan?

Nah, kali ini aku juga kayaknya sedang terserang suasana seperti itu. Karena itu aku mencoba menuliskan apa saja yang terlintas dalam benakku. Aku gak tau juga sih apa yang buat aku jadi males banget buat nulis, tapi aku kira hasil sebuah tulisan itu juga dipengaruhi oleh suasana kita saat menulis. Bener gak sih? Contohnya saja, orang yang lagi terjerumus dalam suasana kasmaran. Beich, kalau disuruh menuliskan apa yang sedang dia rasain, aku yakin gak akan ada habisnya. Dunia juga udah akui itu, bicarain masalah cinta gak akan pernah ada habisnya. Begitu juga orang yang lagi merasa sedih atau kecewa. Segala macam bisa ditulis. Hanya saja bedanya orang yang lagi jatuh cinta bakal menuliskan sesuatu yang indah banget, sampe-sampe para pembaca jadi ikutan melayang. Tapi kalau orang yang sedang dilanda galau (bahasa kerennya) kita bakal dibawa dalam emosi yang super duper meletup-letup, bahkan mungkin sampe caci maki bisa kita temukan di sana.
Sekarang udah mengerti belom maksud aku? Haha,, lucu banget ya. Begitu juga dengan aku. Saat ini suasana hati aku lagi kurang bagus. Dan lebih parahnya lagi adalah aku gak tau penyebabnya. Saat menuliskan ini aku lagi sendiri di rumah. Ya,, lagi-lagi aku sendiri. Pagi-pagi buta tadi, ayah, mamak beserta kedua adikku dibopong ke kisaran. Tujuannya sih undangan, tapi yang buat mereka semangat adalah kepergiannya bakal naik kereta api. Secara kedua adikku yang masih kecil-kecil itu belum pernah naik kereta api. Jadi, sekalian bawa mereka jalan-jalan liburan. Owh ya,, saat ini juga lagi masa-masanya liburan. Jadi aku juga gak ada kegiatan di luar.
Satu hal yang jadi renunganku saat ini adalah kita bakal ngerasa kesepian setelah ditinggal orang-orang yang kita sayang. Curcol lagi, hehe. Kerasa banget gitu. Padahal kalau mereka ada, biasa saja. Tapi setelah ditinggal baru kerasa. Biasanya kalau jam segini aku lagi bercanda sama adik-adikku. Setelah dipikir, dirasa dan diterawang, ternyata kedua adikku itu lucu banget, ngegemesin. Meskipun terkadang mereka jengkelin. Kalau mereka di rumah, gak ada diamnya. Rame banget rasanya. Sampe terkadang aku merasa terganggu dengan keributan mereka. Tapi ya begitulah, namanya juga anak-anak.
Pokoknya sepi banget deh tanpa mereka. Kayaknya aku udah kangen deh sama mereka. Padahal masih bisa dihitung jam waktu perpisahan kami. Aku bukan tipe orang yang suka ungkapin apa yang aku rasain ke orang yang dituju, makanya sampe saat ini aku cuma bisa menuliskannya saja tanpa bisa menyampaikan kepada adik-adikku kalau sebenarnya aku kanget berat sama mereka. Lagi ngapain ya mereka sekarang? Ach, kangen.
Tapi, kayaknya ada yang aneh deh. Kenapa baru sebentar berpisah udah kangen. Padahal waktu aku pelatihan sampai seminggu aku gak sampe kayak gini banget deh. Kangen sih, tapi gak sebesar ini deh kayaknya. Atau jangan-jangan karena saat ini aku lagi sendiri? Aku kesepian, makanya mengharapkan kehadiran mereka? Sedangkan saat pelatihan aku gak pernah merasa sendiri. Selalu bersama semua teman-teman pelatihan. Makanya gak terlalu jadi pikiran. Bener gak sih itu?
Kalau memang itu bener, maka ada tiga kesimpulan yang bisa aku tarik saat ini. Pertama, apa yang kita tuliskan atau hasil tulisan kita biasanya menggambarkan suasana kita saat menulis. Gak bisa dipungkiri, kebanyakan penulis akan menuliskan pengalamannya sendiri. Sedikit tambahan improv, jadi deh sebuah naskah. Dan memang tulisan yang hasil pengalaman itu akan melahirkan tulisan yang bagus, karena tanpa kita sadari, saat menuliskanya emosi kita ikut, sehingga ada penjiwaan dalam tulisan kita.
Kedua, kita bakal merasa seseorang penting banget buat kita setelah dia tinggalin kita. Penyesalan adalah satu rasa yang bakal muncul saat itu. Penyesalan karena kita merasa telah menyia-nyiakan orang yang ternyata penting banget buat kita. Ketiga, kita akan merasa kesepian hanya jika kita tidak menemukan seseorang sebagai pengganti orang-orang yang meninggalkan atau kita tinggalkan. Agak rancu ya kata-katanya. Maksudnya gini, kita akan merasa nyaman saja meskipun berpisah dengan orang yang kita sayang jika setelah berpisah masih ada orang-orang di sekeliling kita yang menemani ataupun memberikan suport. Lain cerita jika kita ditinggalkan atau meninggalkan orang yang biasanya selalu bersama kita atau selalu di dekat kita sedang kita tidak menemukan seorang pun sebagai pengganti atau hanya sekedar untuk menemani. Kalau udah begitu adanya, kesepian bakal melanda.
Udah ngertikan maksudnya?kalau masih belum mengerti, coba pahami dengan perasaan atau bisa dipraktikkan sendiri. Pasti kerasa. Hehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar